Kali ini akan dibahas mengenai Marketing (lagi), mungkin masih belum banyak yang tau bahwa sebenarnya Marketing sendiri ada Marketing 1.0, Marketing 2.0, dan Marketing 3.0. Berdasarkan Phillip Kotler berikut perbedaannya :
Marketing 1.0
Banyak perusahaan sedang berada dalam Marketing 1.0. Mereka melakukan perkerjaannya dengan baik, mereka sangat efisien dan profitable dalam membuat sesuatu untuk banyak orang. Marketing 1.0 lebih menyasar ke pikiran para pelanggan dan dengan tujuan hanya untuk menarik pelanggan.
Marketing 2.0
Perusahaan memiliki persentase sedikit di dalam marketing 2.0. Dalam marketing 2.0 terdapat konsdisi dimana perusahaan memutuskan untuk mengetahui kepada siapa sebenarnya mereka menjual produknya. Mereka berubah dari hanya sekedar membuat dan menjual, tetapi produk mereka harus dapat memenuhi database sehingga dapat melihat pergerakan, dan siapakah pelanggannya yang mereka inginkan. Marketing 2.0 lebih menyasar ke hati pelanggan untuk mengetahui banyak hal mengenai pelanggan dan berusaha lebih dekat lagi dengan melayani pelanggan.
Marketing 3.0
Sedikit perusahaan yang berada pada Marketing 3.0. Tidak pernah ditemukan perusahaan yang melompat dari 1.0 ke 3.0 dan tidak diharuskan pula perusahaan melompat dari 1.0 ke 3.0. Akan lebih baik apabila perusahaan-perusahaan pelan-pelan menapaki setiap tingkatan dari marketing itu sendiri. Marketing 3.0 menginginkan pelanggan yang lebih dari hanya tertarik pada produk mereka. Perusahaan pada Marketing 3.0 lebih menginginkan produk mereka terdapat pada spirit dari para pelanggan. Perusahaan pada Marketing 3.0 lebih mengutarakan kepeduliannya terhadap planet dan mengkampanyekan hal tersebut kepada pelanggan. Nah, dengan kepedulian mereka inilah perusahaan pada Marketing 3.0 secara otomatis mendapatkan tempat khusus di hati para pelanggan.
Jadi pada intinya saat kita melalukan marketing, satu persatu tahapan tersebut akan kita lalui. Setiap tahapan dari marketing, kita akan memiliki faktor-faktor tambahan lain yang membangun marketing kita untuk naik satu tingkat lagi hingga mencapai Marketing 3.0. Untuk itu marketing membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam melakukannya. Bersemangatlah !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar