Rabu, 26 Oktober 2016

Marketing Study Case

Jet Blue Study Case
Questions for Discussion

Give examples of needs, wants, and demands that JetBlue customers demonstrate, differentiating these three concepts. What are the implications of each for JetBlue’s practices?
Jawab:
Needs yang dibutuhkan oleh konsumen JetBlue adalah rasa kecintaan dan kepemilikan. Contohnya adalah saat perusahaan membagi perhatiannya sehingga konsumen merasa dipedulikan dan konsumen merasa berarti untuk JetBlue sehingga konsumen merasa menjadi bagian dari keluarga JetBlue.
Wants merupakan hasrat dari konsumen untuk merasa menjadi milik dari JetBlue dan bukan milik lainnya. Hal ini dikarenakan apa yang ditawarkan oleh JetBlue seperti ruang lebih pada setiap seat sehingga membuat konsumen lebih nyaman saat terbang. Adanya snack bar juga salah satutawaran yang diberikan JetBlue. Dengan adanya snack-bar ini penumpang dapat melayani diri mereka sendiri dengan makanan dan minuman yang tersedia kapanpun mereka mau. Tawaran yang lain adalah adanya layanan gratis untuk pengambilan bagasi pertama sehingga membuat penumpang menginginkan untuk terbang bersama JetBlue lagi.
Demands permintaan yang diinginkan konsumen ialah pelayanan menakjubkan dan memuaskan dengan harga yang murah serta menciptakan pengalaman yang berkesan bagi konsumen.
Implications maksud dari pelayanan yang diberikan JetBlue adalah pengembangan konstan terhadap kualitas pelayanan dan keinginan untuk selalu lebih baik setiap harinya. Untuk itu JetBlue harus bekerja sama dengan departemen marketing untuk mengetahui needs, wants, dan demands dari konsumen saat ini maupun di masa yang akan datang.

Describe in detail all the facets of JetBlue’s product. What is being exchanged in a JetBlue transaction?
Jawab :
JetBlue mengasumsikan tantangan besar bagi JetBlue sendiri dengan berinovasi dengan customer service dan pengalaman saat terbang, mengubah perusahan dari hanya sekedar bahan lelucon sebuah acara TV menjadi salah satu maskapai yang memberikan kepuasan terhadap konsumen maupun penumpang. Membuat perubahan serta memperkenalkan jenis pelayanan baru merupakan rencana dan juga menanamkan integritas, keamanan, keceriaan, dan semangat kepada para pekerjanya sehingga dapat konsekuen terhadap rencana perusahaan. JetBlue memiliki layanan Wifi dan layanan gratis kirim pesan via e-mail. Mereka juga memiliki channel TV di ruang tunggu dan LCD yang ada pada bagian belakang kursi dengan Sirius XM radio channel. Mereka juga menambahkan ruang lebih untuk kaki lebih dari maskapai lain dan menawarkan makanan terbaik untuk memberikan pengalaman terang yang lebih baik.

 Which of the five marketing management concepts best applies to JetBlue?
Jawab :
Konsep marketing merupakan konsep terbaik karena perusahaan ini peduli terhadap konsumen mereka dan mereka fokus terhadap apa yang konsumen butuhkan dan inginkan sehingga membuat perusahaan tersebut sukses. JetBlue ingin selalu terhubung dengan konsumennya setiap saat sehingga mereka membuat akun twitter. Saat ini mereka juga memiliki akun yang menyediakan informasi penerbangan terakhir untuk waktu yang terbatas dan ketersediaan yang terbatas pula.

What value does JetBlue create for its customers?
Jawab :
JetBlue adalah sebuah perusahaan yang sukses dengan obsesinya dalam memperlakukan konsumen. JetBlue ingin memastikan bahwa setiap orang yang bepergian dengan mereka akan merasakan kebenaran slogan “Happy Jetting”. The Happy Jetting adalah perubahan yang fokus terhadap kepuasan pelanggan dengan menawarkan seat yang nyaman, makanan dan minuman gratis, hiburan dengan adanya LCD dan layanan e-mail dan pesan singkat, serta penerbangan tarif rendah dengan pelayanan maskapai kualitas tinggi. Perusahaan menekankan pada pelayanan untuk membuat pelayanan terbaik. Menyediakan pelanggan tidak hanya penerbangan semata tetapi juga momen menyenangkan yang dipadu dengan ide untuk terus membawa konsumen kembali melakukan perjalanan.

Is JetBlue likely to continue being successful in building customer relationships? Why or why not?
Jawab :
Selama satu tahun terakhir, muncul kebijakan JetBlue untuk terus memuaskan konsumen dengan pelayanan yang tidak akan mengecewakan dan mencoba untuk terus melakukan pengembangan. JetBlue mengusung “best low cost airline” selama 8 tahun berturut turut. Meski presiden dari JetBlue telah berganti tetapi pelayanan tidak akan berubah. Sebagai presiden dari JetBlue yang baru, Mr. Hayes, telah bekerja selama 5 tahun dengan JetBlue dan dia menyadari bahwa kesuksesan utama dari perusahaan adalah pelayanan yang baik dan hubungan dengan konsumen. Selain itu, ada komitmen bahwa perusahaan akan mengawasi kepuasan tingkat tinggi dengan pelayanan yang diberikan kepada konsumen, sebuah komitmen bahwa hal tersebut adalah inti dari bisnis yang berjalan dan hal tersebut pula yang akan diberikan terus menerus kepada konsumen.


Mouse Trap Study Case
Questions for Discussion

Martha and the Trap-Ease America investors believe they face a once-in-a-lifetime opportunity. What information do they need to evaluate this opportunity? How do you think the group would write its mission statement? How would you write it?
Jawab :
Informasi yang dibutuhkan adalah informasi mengenai apa yang konsumen butuhkn dan inginkan. Para investor tergantung pada jebakan tikus yang memuaskan pelanggan dengan keamanan dan kebersihannya sehingga konsumen akan membelinya. Investor harus tau seberapa ukuran pasar jebakan tikus di Amerika Serikat serta investor membutuhkan jawaban dari pertanyaan sepert siapa yang akan membeli? Apa jenis jebakan yang akan dibeli? Berapa harga untuk berbagai macam jebakan tikus? Bagaimana jebakan tikus ini dapat terjual kepada konsumen? Pertanyaan tersebut harus dijawab dan jenis pertanyaan yang mungkin investor tanyakan juga harus dipersiapkan.
 Mission statement yang dibuat untuk jebakan tikus adalah : menyediakan inovasi dengan tanpa tikus, tanpa polusi, dengan cara yang lebih baik.

Has Martha identified the best target market for Trap-Ease? What other market segments might the firm target?
Jawab :
Perempuan merupakan target sasaran yang tepat karena mereka tidak suka dengan sesuatu yang berantakan dan membuat masalah baru dengan menggunakan jebakan tikus tradisional. Mereka juga peduli terhadap keamanan anak-anak dan hewan yang ada di sekitar. Karena apabila spring sudah terasang dan berhasil menangkap tikus maka akan membuat berantakan sehingga memungkinkan untuk membawa penyakit tertentu.
Ada beberapa segmen pasar yang mungkin dapat dijadikan target. Semua bisnis yang berhubungan dengan makanan ataupun yang dapat mengunang tiku merupakan target yang tepat. Restoran adalah salah satunya karena keberadaan makanan dan produksi makanan sehingga tidak dapat digunakan zat kimia di dekta makanan tersebut. Manufaktur maknan juga membutuhkan perlindungan dari pengerat. Pasar potensi selanjutnya adakah laboratorium penelitian. Di laboratorium peneliti menggunakan jumlah tikus yang sangat besar untuk penelitian.

How has the company positioned the Trap-Ease for the chosen target market? Could it position the product in other ways?
Jawab :
Dari sudut pandah konsumen Trap-ease diposisikan sebagai kebutuhan yang aman dan bersih. Trap-Ease diposisikan untuk digunakan oleh individu yang memiliki kepedulian tersebut. Posisi alternatif utama untuk produk ini adalah fokus pada kemampuan untuk mengontrol suatu wabah. Karena tikus akan terperangkap dalam suatu alat tertutup dan akan tertangkap hidup-hidup, disitulah ada sedikit kesempatan untuk wabah menyebar sebagaimana hasil dari penangkapannya. Harus diperhatikan meskipun positioning produk dengan cara ini akan membuat perbedaan besar dalam seluruh strategi pemasaran.
Trap-Ease juga dapat diposisikan sebagai produk yang memiliki waste kurang karena dapat digunakan kembali atau dapat diturunkan kembali biayanya dan dibuat lebih terjangkau. Dengan “jebakan tikus termurah dan inovatif” memungkinkan untuk memperluas target pasar. Cara lain dalam positioning adalah mereka bisa memposisikan produk mereka dengan adanya tim customer service yang baik sehingga dapat memberikan layanan kepada konsumen yang memilki masalah dengan produk tersebut. Dengan adanya customer service yang baik, maka akan dengan mudah menjalin hubungan baik dengan konsumen.

Describe the current marketing mix for Trap-Ease. Do you see any problems with this mix?
Jawab :
Marketing mix untuk Trap Ease. Produk : Trap-Ease, perangkap tikus yang inovatif. Harga : Retail =$2,99. Tempat jual: retail besar, Safeway, Kmart, Hechingers, dan CB drugs. Promosi: trade shows, dan majalah Home&Shelter. Trap-Ease merupakan produk di atas arata-rata yang menyediakan solusi yang dibutuhkan konsumen. Tidak ada perbedaan dalam peackaging sehingga konsumen tidak memiliki pilihan apakah mereka ingin package dengan 1 atau 2 produk. Tidak ada mekanisme untuk memastikan apakah pelanggan puas dengan produk.
Harganya cukup mahal apabila dibandingkan dengan kompetitor terdekat dan menurut sudut pandang dari konsumen, memreka merasa bahwa tidak sebanding dengan nilai dari produk tersebut. Retailer tidak diberikan motivasi untuk menjual produk di toko mereka dan tidak ada insentif yang ditawarkan untuk menarik konsumen. Promosi adalah salah satu media yang tidak mengkomunikasikan pesan yang sebenarnya terhadap target pasar. Wanita adalah segmen kecil dari total pengguna hardware. Majalah mengenai rumah dan tempat tinggal yang baik tetap tidak menarik bagi banyak orang di pasar sasaran. Trap-Ease berada di puncak rantai hardware, kelontong dan obat. Transportasi dari order oleh retailer tidak dilaksanakan dengan waktu yang baik. Trap-Ease tidak cukup diekspose ke konsumen.

Who is Trap-Ease America’s competition?
Jawab:
Semua perusahaan yang memproduksi jebakan tikus adalah kompetitor. Kita menghadapi pasar dimana jebakan dengan kualitas rendah dan harga rendah dapat terjual. Ada juga racun yang dijual padahal membahayakan untuk hewan peliharaan. Ada pula produk dengan kemampuan menangkap hidup-hidup yang hampir sama. D-Con merupakan salah watu kompetiitor yang menawarkan umpan dan perangkap. Mereka menawarkan jenis perangkap no-touch sehingga tidak perlu menyentuh tikus saat selesai menggunakan. Mereka menjual dengan harga yang lebih tinggi dari Trap-Ease. Ini mengindikasi bahwa Trap-Ease memiliki keunggulan yaitu harga yang lebih murah. Perusahaan kompetitor seperti Havahart menawarkan yang dapat menangkap segalamacam pengerat. Kompetitor lain adalah Vivtor, JT Eaton, dan Riddex

How would you change Trap-Ease’s marketing strategy? What kinds of control procedures would you establish for this strategy?
Jawab :
Pertama, Trap-Ease akan memperkerjakan orang untuk departemen marketing. Salah satu hal penting saat kemunculan produk baru adalah marketing hingga kita dapat mengkomunikasikan kelebihan dari produk tersebut. Kemungkinan kemasan adalah kemasan yang memiliki umpan dalam satu paket. Pelanggan mungkin perlu satu perangkap, oleh karena itu akan ditawarkan paket satu dan dua, dan akan diturunkan harga untuk pasar awal sehingga nanti dapat membantu meningkatkan penjualan dengan menarik pelanggan baru atau menarik pengguna produk tradisional. Selain itu Trap-Ease akan memperkerjakan sales yang akan mengunjungi outlet dan memberikan informasi produk juga mendemonstrasikan penggunaan. Dapat juga dilakukan direct sales dari rumah ke rumah.
Akan dilakukan pengendalian operasi dan pengendalian strategi untuk mengawasi kemajuan dari tim marketing dan memastikan yang mereka lakukan telah sesuai dengan tujuan dan strategi perusahaan. Pengendalian ini penting untuk mengumpulkan informasi mengenai strategi yang akan dilakukan tahun-tahun berikutnya. Akan ditawarkan garansi tertentu seperti pemberian diskon apabila barang datang tidak tepat waktu. Trap-Ease juga akan dijual kepada distributor untuk mengurangi biaya promosi. Saat ini sebagai grosir akan dipastikan langkah selanjutnya dan memastikan bahwa produk di jual. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar